Sabtu, 14 April 2018

5 Langkah Membuat Video Dokumenter


Video Dokumenter digunakan untuk mempresentasikan kenyataan dan menampilkan kembali yang ada dalam kehidupan sehari-hari yang dibuat lebih terstruktur.

Dalam pembuatannya terdapat beberapa langkah-langkah agar saat diproduksi banyak disenangi oleh penonton. Berikut langkah-langkah membuat video dokumenter:

1. Sediakan peralatan yang dibutuhkan (terutama kamera yang dapat merekam dan mengambil objek yang bergerak) Fokuskan pada objek rekaman. Usahakan tangan dalam keadaan yang kokoh agar objek tidak terlihat goyang. Karena kamera yang goyang akan mempengaruhi rekaman pada video. Jadi sediakan tripod atau monopod.

2. Mengontrol posisi gambar.
Apabila objek yang di bidik terlalu jauh usahakan memaksimalkan fitur zooming. Meski fitur ini mudah digunakan, tapi fokus objek harus tetap terjaga.

3. Pengaturan cahaya.
Pencahayaan adalag faktor yang penting dalam merekam video, tapi cahaya yang terlalu banyak akan membuat objek tampak putih semua, namun sebaliknya jika pencahayaan kurang maka objek tidak terlihat sama sekali. Lebih baik kamera Anda menggunakan settingan yang otomatis dan saat merekam diluar ruangan sebaiknya dengan posisi membelakangi cahaya matahari.

4. Suara atau Audio.
Video yang baik memang memiliki gambar dan suara yang seimbang. Sebaiknya Anda menyertakan mikrofon untuk merekam suara.

5. Persiapan dan Take.
Sebelum merekam, sebaiknya pastikan kamera dan alat pendukung lainnya sudah dalam keadaan penuh. Kemudian mulailah shooting dan rekam gambar.

Ririsaci Studio, 0857-4822-6395

Related Posts

5 Langkah Membuat Video Dokumenter
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.